Makelele: Terry Penyebab Mourinho Keluar


LONDON,- Mantan pemain Chelsea, Claude Makelele, menuturkan bahwa kapten "The Blues" John Terry menjadi penyebab dipecatnya Jose Mourinho dari jabatan pelatih pada 2007.

Setelah sukses mengantar Chelsea meraih dua gelar Premier League sejak 2005, Mourinho meninggalkan Stamford Bridge pada paruh September 2007. Perselisihannya dengan pemilik klub, Roman Abramovich, membuat dewan klub segera mengadakan pertemuan dan mengambil keputusan mengakhiri kontrak dengan pelatih asal Portugal tersebut.

Makelele menegaskan, sebetulnya pemecatan itu dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan pemain, salah satunya Terry. Gelandang yang kini membela Paris St Germain itu mengungkapkan, Terry mengadukan masalahnya kepada Ketua Eksekutif Peter Kenyon dan meminta pindah jika Mourinho tetap di London. Abramovich tidak setuju jika Terry pergi sehingga pilihan satu-satunya adalah mendepak Mourinho.

"Kukira Mourinho tak tersentuh, tapi banyak pemain memprotesnya, terutama John Terry," ungkap Makalele dalam buku otobiografi berjudul Tout Simplement.

"Ketika John Terry membeberkan ketidakpuasannya kepada Kenyon dan meminta segera dibuatkan proses, Abramovich langsung bereaksi: kepergian Terry sangat tidak bisa dibayangkan, dari sudut pandang suporter, pemain ataupun klub. Mourinho diminta mengemasi kopernya," lanjut tulisan di buku Makelele itu.

Keputusan itu akhirnya dijalankan setelah Chelsea ditahan imbang 1-1 oleh Rosenborg pada pertandingan perdana fase grup Liga Champions, 18 September 2007. Dua hari kemudian, Mourinho dan Chelsea sepakat untuk mengakhiri kontrak.


Tidak ada komentar:

search engine

Google Mini Guwe