Fergie Dukung Program "6 Plus 5"


MANCHESTER, JUMAT - Pelatih Manchester United, Alex Ferguson mendukung program Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) soal pembatasan jumlah pemain asing dalam suatu klub. Menurut Fergie, banyaknya pemain yang bermain di negeri sendiri akan menguntungkan klub dan kesebelasan nasional.

"Kami sepenuhnya setuju dengan pemberdayaan pemain dalam negeri. Setiap negara harus sepakat klub tidak boleh melupakan bibit anak negeri. Anda harus membentuk mereka melalui sistem dan memberikan mereka kesempatan untuk unjuk gigi," ungkap pelatih yang biasa disapa Fergie ini.

Fergie menilai, pemberdayaan pemain domestik juga akan berdampak positif bagi perekonomian klub. Dengan melakukan regenerasi tim bermateri pemain lokal, anggaran untuk transfer pemain juga bisa ditekan dan biaya pembinaan pemain muda tak akan terbuang percuma. Selain itu, sistem ini akan memberikan keuntungan non-finansial berupa loyalitas pemain dan suporter.

"Anda akan selalu mendapat loyalitas lebih dari pemain binaan sendiri. Selain itu, pendukung klub mana pun akan sama-sama senang menonton pemain anak negeri sendiri bermain di lapangan," papar Sir Alex kepada Sky Sports.

Wacana pembatasan pemain asing itu bermula dari keprihatinan FIFA dengan banyaknya klub yang lebih banyak diisi pemain asing. Inggris termasuk salah satu negara yang dianggap terlalu banyak berisikan pemain asing, terutama klub-klub elite mereka.

Untuk itu, FIFA berniat membatasi jumlah pemain asing di suatu klub dengan komposisi "6+5" di mana setiap klub maksimal hanya boleh memainkan lima pemain mancanegara. Saat ini, FIFA masih menggodok rancangan tersebut dan berharap bisa menerapkannya pada musim 2012-2013 mendatang.

Tidak ada komentar:

search engine

Google Mini Guwe