Tanpa Van der Sar, Kesalahan MU di Masa Silam


MANCHESTER, SABTU — Pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson bicara blak-blakan soal kiper Edwin van der Sar. Sepuluh tahun lalu, MU melakukan kesalahan karena gagal merekrut kiper asal Belanda itu.

"Sudah jelas, tidak merekrut Edwin pada 1999 adalah sebuah kesalahan," tegas Ferguson. "Saya menginginkannya, tapi saat itu, (mantan presiden MU) Martin Edwards telah sepakat dengan Mark Bosnich dan, sayangnya, terlambat bagi kami karena Edwin sudah pergi ke Juventus."
Bosnich datang untuk menggantikan kegemilangan Peter Scmeichel. Akan tetapi, ia gagal bersinar dan hanya bertahan dua tahun di Old Trafford, lalu digantikan kiper Perancis Fabien Barthez. Pada masa itu, MU mengalami masa-masa sulit. Gelar juara Premier League sempat lepas ke tangan Arsenal dan Chelsea. Perburuan kiper baru pun berlanjut. MU beruntung, mereka tak perlu jauh-jauh mencari pemain. Van der Sar waktu itu membela Fulham dan siap bergabung.

"Setelah musim 2004-05, kami menilai perlu merombak situasi penjaga gawang dan saya menyerahkan kepada pelatih kiper Tony Coton untuk mencari segala informasi," kenang Fergie. "Semua kiper berpeluang tapi nama Van der Sar muncul, jadi kami tidak ragu lagi di akhir musim. Kami segera melakukan kesepakatan," tambahnya.

MU kini bangga. Setelah tiga tahun bersama Van der Sar, "Setan Merah" telah mendapatkan pengganti Scmeichel. Van der Sar bahkan telah memecahkan rekor Scmeichel dengan menjaga keperawanan gawangnya selama 1.032 menit di Liga Inggris.

Van der Sar bahkan punya peluang mematahkan rekor Steve Death. Kiper Reading dari Divisi IV ini pernah mencatat rekor tanpa kebobolan selama 1.103 menit pada 1978-79. Van der Sar dapat mematahkan rekor Death itu dengan menahan serangan Everton selama 72 menit di Old Trafford, Sabtu (31/1).

Kini, di usianya yang sudah menginjak 38 tahun, Van der Sar memasuki masa-masa pensiun. Ia sudah menanggalkan seragam timnas tahun lalu. Namun, penampilannya di Old Trafford masih akan bertambah satu tahun ke depan. Fergie percaya, kekuatan Van der Sar masih tersisa di masa tuanya.

"Pada usia Edwin sekarang ini, saya yakin dia bisa bermain satu tahun lagi. Dia memasuki masa senja dalam kariernya, tapi hidupnya tidak dan penampilannya sangat fantastis," dukung Fergie.

Selain Van der Sar, MU kini memiliki dua kiper tangguh yakni Ben Foster dari Inggris dan penjaga gawang timnas Polandia Tomasz Kuszczak. Keduanya akan bersaing keras untuk menduduki tempat Van der Sar sekarang ini.

Tidak ada komentar:

search engine

Google Mini Guwe


Archive