Adu Penalti Loloskan Juve ke Semifinal


TURIN, KAMIS — Kerja keras Juventus menaklukkan Napoli di perempat final Coppa Italia akhirnya berhasil. Meski harus melewati babak adu penalti, Juve lolos ke semifinal dan akan melawan dengan Lazio pada 4 Maret dan 22 April mendatang.

Bermain di kandangnya sendiri di Stadio Olimpico, Rabu (4/2), "Si Nyonya Besar" yang dikalahkan "I Azzurri" di turnamen yang sama musim lalu sebetulnya dua kali mencetak gol, tapi dianulir. Juve yang tampil tanpa kiper Gianluigi Buffon, Cristiano Zanetti, Giorgio Chiellini, dan Claudio Marchisio hampir tak dapat menciptakan peluang di babak pertama.

Tuan rumah bahkan harus kehilangan Paolo De Ceglie yang harus digantikan pada paruh babak pertama ketika mencoba menghentikan serangan balik Walter Gargano. Ia dibawa ke rumah sakit, tapi tak mengalami patah tulang iga.

Setelah melewati 45 menit pertama tanpa sejumlah peluang emas, Ezequiel Lavezzi langsung mengancam gawang "La Vecchia Signora" di awal babak kedua. Ia berhasil melewati empat pemain lawan, tapi umpannya kepada Marek Hamsik membentur lawan. Beberapa saat kemudian, sepakannya dari sudut sempit digagalkan kiper Alex Manninger.

Bek Napoli Paolo Cannavaro hampir saja membuat gawangnya bergoyang karena gagal membendung tendangan bebas Del Piero. Untung bola melebar tipis dari gawang. Tim tamu juga memiliki sejumlah peluang emas melalui Lavezzi dan mantan pemain Juve Marcelo Zalayeta, tetapi keduanya membuang kesempatan itu.

Di akhir babak kedua, Napoli menguasai jalannya pertandingan, tetapi justru Trezeguet mencetak gol di detik terakhir, Apes bagi Juve, wasit menganulir gol itu karena Trezeguet lebih dulu berdiri offside.

Satu gol lagi bagi Juventus dianulir oleh wasit di perpanjangan waktu. Kali ini kapten Alexander Del Piero dianggap menyentuh bola dengan tangan. Kesempatan Del Piero mencetak gol lewat tendangan bebas juga musnah karena bola hanya melambung tipis di atas gawang.

Juve juga hampir kebobolan di babak tambahan ini saat Momo Sissoko melakukan blunder menyambut sepak pojok. "I Bianconeri" bahkan hampir diganjar hukuman penalti ketika Molinaro menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang.

Permainan pun akhirnya harus dilanjutkan lewat adu penalti. Del Piero menjadi algojo pertama dan sukses mengecoh Navarro. Hamsik membalasnya di kesempatan pertama Napoli. Trezeguet juga sukses, tetapi disamakan Bogliacino.

Juventus tertekan ketika tendangan Pavel Nedved diselamatkan Navarro, sementara tendangan German Denis berhasil menembus pertahanan Manninger. Navarro juga sudah berhasil menyentuh bidikan Marco Marchionni tapi bola tetap masuk gawang. Juve bernapas lega setelah Manninger berhasil menahan sepakan Lavezzi sebagai algojo keempat.

Pendukung tuan rumah kembali kecewa setelah tendangan Sissoko sebagai penendang kelima membentur tiang. Untungnya sepakan Matteo Contini melambung tinggi. Juve akhirnya memastikan kemenangan lewat gol Legrottaglie dan Gargano sebagai penendang keenam Napoli gagal mengarahkan bola ke gawang.

Susunan pemain:
Juventus: Manninger; Grygera, Legrottaglie, Mellberg, De Ceglie (Molinaro 23); Marchionni, Sissoko, Poulsen, Giovinco (Nedved 68); Iaquinta (Trezeguet 59), Del Piero
Napoli: Navarro; Santacroce, Cannavaro, Contini; Montervino (Bogliacino 74), Pazienza, Gargano, Hamsik, Aronica (Vitale 90); Lavezzi, Zalayeta (Denis 100)


Tidak ada komentar:

search engine

Google Mini Guwe


Archive